Minggu, 13 November 2016

Kaget Saat Tak Sengaja Mendapatkan Tangkapan yang Bau, Mendadak Nelayan Ini Jadi Miliarder! Ternyata Ini Yang Ditemukannya...

Kehidupan seorang nelayan tak selama-lamanya mengasyikkan. Ada beberapa saat waktu mereka peroleh tangkapan yang baik. Di lain waktu mereka tidak dapatkan apa-apa meskipun. Alhasil dapur juga tak mengepul.

Demikian juga dengan seorang nelayan asal Oman bernama Khalid Al Sinani ini. Dia telah memakai semuanya hidupnya di laut, menginginkan satu hari peroleh tangkapan besar. Namun Khalid tidak pernah tahu hidupnya akan berubah dramatis beberapa minggu waktu itu.


Selama perjalanan mencari ikan di sekitaran Qurayat, dia dapatkan harta karun laut langka berupa ambergris beberapa 80 kg.

Setelah 20 th. hidup sebagai nelayan, mimpi waktu kecil Khalid untuk peroleh uang banyak dari laut telah jadi kenyataan waktu pagi hari tanggal 30 Oktober.

Saat itu dia, bersamaan dengan dua rekannya, saksikan ambergris mengambang di laut yang mengeluarkan bau menjijikkan.

” Kami menggunakan tali untuk menjadikan satu dan membawa ambergris itu dalam perahu, ” kata Al Khalid ditulis Viral4Real.

” Saya diberitahu lebih dahulu bila ambergris memiliki bau menjijikkan. Tetapi setelah sekian hari ambergris mengeluarkan aroma yang enak, ” kata dia. ” Kami bergegas kembali ke pantai dengan sukacita dan penuh kebahagiaan. ”

Setelah demikian hari, dua orang pedagang dari Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi menghubungi mereka. Keduanya menawarkan harga mulai dari US$ 19. 485 (sekitaran Rp 255 juta) hingga US$ 35. 000 (sekitaran Rp 459 juta) per kg.

Apabila ambergris beberapa 80 kg itu terjual, Khalid dan dua rekannya bakal peroleh keuntungan US$ 2, 5 juta (sekitaran Rp32 miliar) sampai US$ 2, 8 juta (sekitaran Rp36 miliar)!


Dalam dunia industri pembuatan wangi-wangian, ambergris atau sebagian orang sering menyebutnya ‘muntahan ikan paus’ yaitu bahan baku yang langka dan mahal. Untuk peroleh bahan berbentuk seperti lilin ini, harus menunggu ikan paus sperma memuntahkan sekresi dari dalam perutnya.

Sekresi berwarna putih itu biasanya diketahui mengambang di laut tropis dan digunakan dalam industri pembuatan wangi-wangian. Walaupun pada awalnya mengeluarkan bau menjijikkan, namun setelah kering dan mengeras, ambergris akan berbau harum dan lembut.

Pabrik wangi-wangian popular, seperti Chanel dan Lanvin, menggunakan kekuatan ambergris untuk bikin wangi-wangian yang tahan lama apabila digosok-gosokkan pada kulit manusia.